Looking back : the day baby Will was born (part 2)

Sekitar jam 6:30 PM akhirnya giliranku tiba. Begitu masuk dokter langsung kaget liat berat badanku turun 3kg. Dikhawatirkan ketubannya berkurang. USG – bayi masih gerak gerak, ketuban masih cukup. Seperti minggu minggu sebelumnya,dokter berusaha untuk melihat wajah sang baby karena sejak minggu ke 28, tiap kali mau diintip mukanya selalu ditutupin – entah dengan double cover tangan dimuka, tangan DAN KAKI di atas atau nempelin muka ke placenta.. adaaaa aja cara buat nyembunyiin wajah ganteng dia.

Eh ga disangka kali ini muka dia bisa terlihat jelas las las! Kita udah hepi bin heboh tuh “ehhh akhirnya bisa dapet foto dia.. ehh cakepp.. wheeee”

Photo 08-03-14 12 32 03… Trus dia tersenyum…

Entah kenapa ada feeling “something is up.. it’s too good to be true.. sekali dapet foto muka dia bisa langsung liat senyum dia..”

Dokter kemudian memutuskan untuk melakukan periksa dalam. Sungguh aku salut dengan orang tua jaman dulu dimana USG belum ditemukan sehingga tiap kali harus periksa dalam. Percayalah : yang namanya periksa dalam tuh GA UENAK (>.<)Sebelum periksa dalam, aku pamit ke WX dulu.. Saat itulah baru keluar bercak darahnya.. dhienkk.. makin aware aja nih. Balik masuk, di-prepping sama asisten dokter – sempat dengar dokter nelp ke bagian resepsionis buat cek timbangan karena dia sendiri ga percaya aku bisa turun 3 kg dalam 2 hari hahaha.

Seusai periksa dalam :

Suami : “Gimana dok?”

Dokter : “Ya gapapa… habis ini langsung ngamar aja ya. Ini udah bukaan 3 *sambil nunjukkin sarung tangan penuh darah”……………………………………………. HEH?!?!?!
Suami : “waduh dok.. kita malah belum packing apapun”

Dokter : (dengan santai) ya ga papa, ini pulang langsung packing langsung ke RS aja.

Suami : “cukup aja waktunya dok?”

Dokter : (masih dengan santai) cukuppppp…. oke?

Aku? udah berasa mau pingsan bin semaput. Buset dah perkiraan lahir tanggal 27 sementara ini tanggal 15.. belon sempat nyiapin koper apalagi mental. Keinget perkataan salah satu teman “udah pokoknya jalanin aja apa yang terjadi.. ga usah mikirin berapa lama lagi, ga usah mikirin udah bukaan berapa”. Ya udah deh, lanjot aja dah.. selama kehamilan udah dimudahkan sama yang diatas dikasi hamil kebo (kaga ada mual kaga ada aneh aneh), semoga kelahiran pun dikasi kelahiran kebo.. *eh

Demikianlah kita meluncur ke RS. Jam 09:30 kita sampai, suami langsung ke meja resepsionis. Aku baru jalan  langkah udah langsung disambut suster dengan kursi roda yang udah nangkring di dekat pintu seolah udah pada siap nyambut. Langsung digiring ke ruang bersalin dan disalin sana sini. Kalo diingat ingat sekarang rasanya kabur banget.. tiba tiba aku udah siap dengan monitor yang ngerekam detak jantung baby selama setengah jam sementara kontraksi datang dan pergi (itu setengah jam TERLAMA dalam hidupku).

The rest of the night dari jam 09:30 sampai jam 2 subuh sama sekali ga berasa. Boro boro ngeliatin jam, yang kepikir cuma survive 1 masa kontraksi, trus nyolong tidur diantaranya sebelum kontraksi berikutnya datang (percaya deh, kontraksi itu bikin cape). Kadang malah ga sempat istirahat – belum 1 kontraksi reda sepenuhnya udah masuk kontraksi lainnya..

Kontraksi itu rasanya gimana? Tulang pinggul belakangmu puegel kaya habis ngepel ruangan segede lapangan bola. Bukan ngepel pake supermop loh ya.. ngepel ala mbok mbok nungging. Kontraksi itu kaya tulang pinggul yang puegel pengen di “kretek” kan tapi ga bisa bisa.. (>.<). Selama masa kontraksi, aku sayup sayup dengar suami ngobrol dengan suster jaga tentang berapa cepat bukaan bisa komplit.

Ada satu saat dimana kontraksi yang kurasakan bener bener suakit ga keruan, dan suster yang baru aja periksa bukaan ngomong “oh ini sakit soalnya air ketubannya udah nyembul di ujung.. jadi nunggu ketubannya pecah”. Aku ingat susternya bolak balik ngecek cuma mengulang kata kata itu. Dalam hati ngomel “pecahnya kapan susss… bawaen sumpit wis pecahin aeee…”. Dalam hati kaya gitu.. aslinya? cuma bisa mencengkram besi bagian atas tempat tidur sambil UGGHHHHH!!!!” (dimana sus nya akan dengan tegas bilang “hayoo jangan teriak.. diatur nafasnya..*bikin tambah keki tapi bener sih kalo atur nafas sakitnya rada kurang*)

Pause sebentar. Diantara kalian para pembaca pasti ada yang mikir : “loh koq nyegkram ke besi tempat tidur? suaminya mana ga megangin tanganmu?”

Justru suami selalu mendampingi dari masa kontraksi sampai melahirkan.. Aku aja yang ga mau tulang tulang jarinya patah karena kucengram tanpa ampun :p Awal awalnya masih megang tangan.. lama lama ngucek bantal (sampai ganti bantal karena udah kucel + basah keringat) en ujung ujungnya megang besi.. Patut dipuji itu frame tempat tidur bersalin.. memang teruji kuat dan kokoh hahahaha…

To be continued to part 3 : Finally born —>

Leave a comment